Senin, 06 Januari 2014

DEFENISI SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI


Sebelum mencari tahu bahasan yang lebih mendalam, alangkah baiknya apabila kita mencari tahu terlebih dahulu definisi dari Sistem Informasi Psikologi tersebut terlebih dahulu. Untuk penjelasan definisi lebih lengkap, saya memenggal pengertian  dari Sistem Informasi Psikologi tersebut per-kata dan mengaikatkannya satu sama lain untuk mendapatkan definisi Sistem Informasi Psikologi secara luas.

Berikut beberapa definisi yang dijelaskan oleh beberapa ahli-ahli psikologi..

SISTEM

Systēma dan sustēma dalam bahasa latin menjadi asal dari kata sistem, kedua kata tersebut dapat diartikan sebagai suatu kesatuan yang terdiri atas berbagai komponen dan elemen yang dapat dihubungkan bersama untuk dapat memudahkan aliran informasi, materi atau energi.
Kedua istilah latin  ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali dibuat. Sistem merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item yang bergerak.
Kata “sistem” banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam beberapa forum dan pembahasan. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam.
Pengertian sistem secara  umum dapat disimpulkan, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

Selain definisi linguistik di atas, berikut beberapa definisi sistem menurut beberapa ahli yang lain.

·         C.W. Churchman.
Sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.

·         John Mc Manama
Sistem adalah suatu struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efesien.

·         L. James Havery
Sistem adalah suatu prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.

Dapat disimpulkan dari beberapa definisi mengenai sistem diatas  bahwa sistem merupakan bagian/ elemen/ komponen yang tersusun secara sistematis dan memiiliki fungsi yang terhubung dan saling mendukung satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan.

INFORMASI

Informacion adalah kata dalam bahasa perancis yang diperkirakan menjadi asal dari kata informasi.  Begitupula dengan kata Informationem, kata dari bahasa latin yang berarti “garis besar, konsep, ide”.
Informasi merupakan kata benda dari informare yang berasal dari kata dalam bahasa italia yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”.

Berdasarkan beberapa definisi linguistik diatas, dapat disimpulkan bahwa definisi Informasi juga dapat didefinisikan sebagai data yang sudah diolah menjadi suatu bentuk lain yang lebih berguna yaitu pengetahuan/ keterangan yang ditujukan bagi penerima dalam pengambilan keputusan. Dapat disimpulan pula bahwa informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.

 PSIKOLOGI

“Psyche” merupakan kata dalam bahasa yunani yang memiliki arti  jiwa/ kejiwaan, dan “logos” yang artinya ilmu pengetahuan. Jadi secara arti kata dapat disimpulkan bahwa psikologi artinya ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya, maupun latar belakangnya. Secara singkat dapat disebut ilmu kejiwaan.

Berikut beberapa definisi psikologi lain menurut beberapa ahli:

·         Allport
Psikologi adalah suatu upaya dalam memahami dan menjelaskan bagaimana pikiran, perasaan, dan perilaku individu yang dipengaruhi oleh kehadiran orang lain secara aktual.

·         Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13
Psikologi adalah  suatu ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat  secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.

·         Richard Mayer
Psikologi adalah suatu analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.

·         Wilhem Wundt & E.B Titchener
Psikologi adalah suatu pengalaman yang mempelajari suatu sudut pandang pribadi yang mengalaminya seperti perasaan panca indera, pikiran, perasaan, dan kehendak.

Dari beberapa definisi psikologi di atas, dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia yang terlihat maupun yang tidak terlihat secara langsung yang berguna sebagai suatu usaha untuk memahami proses mental.

            Usai memilah-milah Sistem Informasi Psikologi dalam definisi per-kata. Mari kita cari tahu definisi Sistem Informasi secara umum, hingga kita dapat menyimpulkan lebih jelas mengenai pengertian Sistem Infoemasi Psikologi.



SISTEM INFORMASI
Berikut beberapa definisi Sistem Informasi oleh beberapa ahli:

·         John F. Nash
Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.

·         Rommey
Sistem Informasi adalah cara-cara yang diorganisasi untuk mengumpulakn, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan cara-cara yang diorganisasi untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi sedemikian rupa sehingga sebuah organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan dua definfisi oleh ahli diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem informasi merupakan kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan cara-cara yang diorganisasi untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi sedemikian rupa sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI (SIP)
Dari beberapa uraian mengenai sistem, Informasi, dan psikologi yang saya coba paparkan diatas.  Dapat kita simpulkan bahwa definisi dari “Sistem Informasi Psikologi” adalah suatu sistem atau tata cara yang merupakan kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menyimpan data mengenai perilaku terlihat maupun tidak terlihat secara langsung serta proses mental yang terjadi pada manusia sehingga data tersebut dapat diubah menjadi informasi yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu seperti tujuan penelitian.
Contoh nyata dari pengaplikasian SIP dalam kehidupan kita sehari-hari adalah penggunaan teknologi dalam pengambilan data tes psikologi, seperti yang kita ketahui sekarang tes psikologi dapat dilakukan dengan  bantuan teknologi dalam hal ini, penggunaan komputer.


REFERENSI

http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi/
http://carapedia.com/pengertian_definisi_psikologi_info2031.html
http://carapedia.com/pengertian_definisi_informasi_menurut_para_ahli_info504.html
http://carapedia.com/pengertian_definisi_sistem_menurut_para_ahli_info512.html
http://febriani.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5612/Pengertian+Sistem+%26+Analisis+Sistem.pdf
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_SEKOLAH/194505031971091-MUHAMMAD_KOSIM_SIRODJUDIN/PSISOS.1.pdf
http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi
http://www.psikologizone.com/pengertian-ilmu-psikologi/0651110
http://ridwaniskandar.files.wordpress.com/2009/05/52-pengertian-sistem-informasi.pdf
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/19875/4/Chapter%20II.pdf
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/19875/4/Chapter%20II.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar